Diklat Penguatan Kepala Sekolah Hadirkan Narasumber Berkompeten
Diklat Penguatan Kepala Sekolah

By UPT BKPSDM 01 Apr 2019, 10:27:38 WIB Diklat Teknis dan Fungsional
Diklat Penguatan Kepala Sekolah Hadirkan Narasumber Berkompeten

Keterangan Gambar : Peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah terlihat serius mengikuti pelatihan


Lubuklinggau - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Lubuklinggau melalui BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) menyelenggarakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah 26 Maret hingga 1 April 2019.

Kegiatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau serta Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) itu dibuka Walikota Lubuklinggau diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum , Kahlan, S.Sos, M.Si, Selasa (26/3).

Hadir saat pembukaan kemarin, master trainer dan panitia dari LPPKS Kemdikbud RI, Drs. Arju Rahmanto, S.Ag, M.Ag dan Basuki Rachmat Sinaga, S.Pd serta master trainer dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Selatan Kemdikbud RI DR.Syamsuddin, M.Pd.

Selain itu, pembukaan juga dihadiri Kepala Disdikbud KotaLubuklinggau, DR.H.Tamri, MM serta Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau, H. Ikhsan Roni, S.Sos selaku penyelenggara.

Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau, H. Ikhsan Roni, S.Sos menjelaskan, dasar pelaksanaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Angkatan I Pemkot Lubuklinggau Tahun 2019, Nota Kesepahaman antara BKPSDM Kota Lubuklinggau dengan Disdikbud Kota Lubuklinggau Nomor : 893/98/BKPSDM/V/2018 dan Nomor : 893/499/DISDIKBUD/I/2018 Serta Perjanjian Kerjasama antara BKPSDM Kota Lubuklinggau dengan LPPKS Nomor : 893/102/BKPSDM/V/2019 dan Nomor : 0573/B18/HK/2019 tanggal 15 Februari 2019.

Tujuan Diklat untuk membentuk kepala sekolah menjadi kepala sekolah profesional. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini 30 orang berasal dari Pemerintah Kota Lubuklinggau.

Kegiatan Diklat difokuskan di Kampus UPT Diklat BKPSDM Kota Lubuklinggau. Tenaga Pengajar dan narasumber Diklat berasal dari LPPKS Kemdikbud RI, LPMP Provinsi Sumsel dan Pejabat yang berkompeten, seperti Kepala Disdikbud Kota Lubuklinggau serta Staf Ahli Walikota Lubuklinggau. 

Asisten III Bidang Administrasi Umum , Kahlan, S.Sos, M.Si, menyampaikan Kepala Sekolah mempunyai peran penting dalam peningkatan pendidikan di Indonesia. Hal tersebut harus diimbangi dengan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan yang harus terus dikembangkan maka Diklat penguatan bagi kepala sekolah sangat dibutuhkan oleh Pemkot Lubuklinggau. Hal ini relevan dengan semangat revolusi mental di Indonesia saat ini kepala sekolah di Indonesia hendaknya mampu mengejar ketertinggalan dengan beberapa Negara tetangga. Seperti Singapura, Malaysia ataupun negara-negara maju lainnya. Peran Kepala Sekolah pada hakikatnya sangat strategis dikarenakan merupakan pimpinan tertinggi di Sekolah, kompetensi dari Kepala Sekolah menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan.

Sebagai pemimpin, peran Kepala Sekolah akan sangat menentukan kualitas sekolah yang dipimpinnya yang pada akhirnya akan berimbas pada sukses tidaknya mewujudkan pendidikan berkualitas di Kota Lubuklinggau. Hingga hari kedua kemarin tampak peserta masih semangat mengikuti pembelajaran. (blc/rls)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment